Rabu, 14 Januari 2015

#Parenting Anak Takut Mandi??? Intips tipsnya yuk dari Ibu Dan Syaqilla

Salah satu hal yang sering bikin emak emak galau adalah ketika si kecil susah sekali kalau di suruh mandi. Termasuk salah satunya adalah saya , cimbul anak saya beberapa waktu lalu sering tentrum ga jelas ketika mendengar kata “mandi” dia biasanya akan langsung teriak2 histeris sampai guling2 di lantai. Sempet kepikiran kalau dia takut air apa gara2 dulu pas hamil , eke juga parno banget ma air.... masuk kamar mandi muntah2 ga ketulungan dan bla bla bla..... termasuk kepikiran juga apa di kamar mandi ada penunggunya ya yg bikin syaqilla ketakutan sama air. Akhirnya nyari beberapa cara yg cukup ampuh bikin syaqilla mau mandi.... dan emaknya udah ga harus lagi berdrama drama ria membujuk carimbul untuk mau mandi. Nah mungkin emak2 ada yang punya problem seperti sabisa kok nyoba tips saya yang sudah saya coba dan praktekkan sejauh ini sih berjalan lancar.

Tip membujuk anak agar mau mandi:

1.       KOMUNIKASI

Saya sudah membiasakan ngobrrol dari hati ke hati sama syaqilla sejak dia ada di perut, alhamdullilah itu bisa berjalan sampai sekarang. Ketika sya dan syaqilla selow saya selalu ngjakin dia ngobrol. “mbul... ayok mandi sama ibu” ketika dia menolak saya langsung mengambil boneka kesayangan yang biasa dia panggil adik. “qilla lihat, adeknya cantik kaya princess..... qilla mau cantik kaya princess ga ??? yang harummm wangi.....” kataku. Cimbul biasanya menjawab “ ntik, ncesss”  dan dia mau mandi juga akhirnya, setelah mandi saya tidak lupa untuk memujinya.... "woww.....harumnya ncesss cantik.... " biasnya sambil aku cium2 dia..... nanti terakhirnya saya selalu bilang " qilla sayang ibu???? " Kalau dia menggangguk dia langsung peluk saya.

KOMITMEN
Butuh komitmen antara ibu dan anak. Saya tidak pernah memerintah dia mandi, tapi selalu ada deal yang jelas. karena syaqilla masih kenen ( usia 2th lebih 25 hari ) saat ini , saya masih berusaha untuk WWL. doakan saya ya mak biar sukses..... dan secepatnya tanpa drama. Nah kalau dia mau minta nen, pas jam mandi saya selalu bilang " kalau syaqilla mau nen ibu... itu artinya mandi dulu biar wangi" dengan cara ini akhirnya berhasil juga kalau kita rutin dan memberi pengertian kepada anak tersebut.


MEMBERI CONTOH
Sejak dia usia satu tahun biasanya memang sebisa mungkin saya selalu mengajak dia mandi bersama. Saat mandi biasanya kita sambil belajar. ntah mengenalkan tubuh, dan hal hal yang harus dilakukan saat mandi seperti menggosok gigi , cuci tangan cuci kaki dll. kini di usianya 2th dia sudah bisa mandi sendiri , dan gosok gigi. walau ada yg bikin sedih giginya sudah gupis.... gara2 pernah jatuh dan patah 2biji yg depan. tapi tetap cantik kok :D , biasanya saya dan syaqilla membuat ritual khusus kalau mandi, agar dia merasa sedang bermain air bukan mandi. 


JALAN JALAN KE PANTAI / BERENANG
Dan ini yang paling ampuh, syaqilla beberapa waktu lalu sempat takut sama air, tiap dengar kata mandi dia langsung histeris. akhirnya kebetulan liburan akhir tahun lalu kita berkesempatan liburan isntan ke pantai. ceritanya di sini sejak itu , dia malah yang berinisiatif untuk mandi. biasanya dia akan bilang " bu , ndi...." sambil membuka bajunya sendiri. dan langsung meluncur  ke kamar mandi. nanti pas mandi saya ceritakan lagi saat2 liburan seru di pantai. dan dia jadi sangat antusias.


aku cantikkan udah mandi dan mau jalan jalan :D

Itu beberapa tips cantik untuk emak emak yang lagi galau gara2 anak susah sekali mandi. tapi yang jelas saya juga menggunaan metode hypnosleep akan saya ceritakan nanti bagaimana tipsnya.... intinya kita harus memberikan sugesti positif ke anak kalau mandi itu hal yg menyenangkan.


Ada yang punya tips lain.... yuk share bunda.....

Tidak ada komentar :

Posting Komentar