Rabu, 28 Januari 2015

Lotus Birth , Amankah????

Assalamualaikum , ....


Rutinitas saya setiap hari dari senin sampai hari jumat adalah harus siaran pagi. dan mewajibkan saya juga untuk selalu nyari berita terkini. paling update. nah , kemarin saya lagi baca koran Jawa Pos tiba2 di rubrik selebriti saya melihat seabuah artikel dengan judul, Melahirkan anak ketiga. Widi Dwi menggunakan cara Lotus Birth . Secara pribadi sebagai salah satu penggemar dwi sasono saya pun penasaran untuk membaca. Saya ngefans sama dwi sasono bukan karena akting di film2nya tapi perannya sebagai mas Adi di tetangga masa gitu???? Suka nonton juga kah... kalo iya yuk ah Tosh!! xixixixi


Secara pribadi saya jadi penasaran dengan metode Lotus Birds ini. kenapa???? Karena jujur setelah melahirkan dua tahun lalu secara normal saya masih trauma untuk melahirkan. Bukan hamil, kalo hamilnya sih Oke bangettt suka karena jadi di manja suami juga. tapi proses melahirkan syaqilla kemarin yang lumayan lama saya jadi trauma. tepatnya bukan prosesnya , tapi bengkak di jalan lahir setelah melahirkan itu yg bikin saya takut. tapi saya akan tetep program anak ke dua, tapi nanti ketika syaqilla sudah meminta Adik atau suami udah pengen punya anak lagi. kalo saat ini jangan dulu..... 
tapi setelah tau ada metode lotus births dan beberapa teman yang hamil saya jujur pengen hamil, tapi bisa ngga ya proses melahirkannya di skip... tiba2 keluar gitu.... *ngacooooo* 

Saya akan ssedikit membagi apa sih melahirkan dengan metode lotus births ini.... siapa tau teman2 yang sedang hamil juga sedang mencari resensi proses melahirkan yang selama ini banyak orang belum tau.


Sekarang di jejaring sosial , banyak orang yang sangat pedulu dengan tagline backto nature ternyata terjadi juga pada proses persalinan. Nah salah satunya adalah dengan metode Lotus Birth ini. Jadi persalinan dengan metode Lotus Birth ini adalahproses persalinan alami tanpa memotong tali pusat bayi. Tali pusat akan di biarkan terlepas dengan sendirinya. Yup , tali pusat adalah penghubung antara bayi dan plaesnta ibu untuk mengirimkan nutrisi yang baik untuk si bayi saat di dalam kandungan. Nah kalau biasanya setelah proses melahirkan normal , cesar atau yang lain tali pusat akan di potong, tapi untuk Lotus birth ini tidak. karena akan di bairkan lepas secara sendirinya biasnya 3-4 hari. Lalu amankah???? 


Para penganjur Lotus Birth mengatakan , pemotongan tali pusat dalam proses persalinan akan menghentikan penyaluran darah dan oksigen dari plasenta yang sesungguhnya masih berlangsung ketika bayi sudah di lahirkan. dan konon katanyadengan metode lotus birth ini akan memberikan kekebalan lebih pada si bayi. Tapi menurut bidang kedokteran hal ini masih menjadi kontroversi dan perdebatan. Dengan metode lotus birth sendiri akan lebih meningkatkan bonding antara ibu dan anak. Banyak para ibu yang sudah melakukan metode ini merasakan banyak sekali manfaatnya terutama secara psikologis, mereka para ibu merasakan kedekatan kedamaian , dan terhubung dengan si anak walaupun si anak sudah di lahirkan.

Di indonesia sendiri metode lotus birth ini baru ada di Bali, karena memang masayarakat di Bali percaya dengan hal itu , dan meyakini bahwa Dewa Wisnu juga lahir dengan utuh, yaitu seperti metode Lotus Birth. 


Dengan metode ini memang bisa di bilang lebih merepotkan, karena ketika bayi mandi , plasenta juga harus di mandikan dan di keringkan juga. dan pas bayi di gendong plasenta juga di gendong. dan biasanya menggunakan tas untuk menggendong plasenta. tapi ibu2 yang melakukan hal ini percaya kerepotan yang ada saat ini, tidak sebanding dengan manfaat yang akan di rasakan nanti kedepannya untuk si bayi itu sendiri. 

Nah, gimana next lahiran mau nyobain pake Lotus Birth kah ???? 

Untuk info selangkpanya mengenai Lotus Birth ini coba bisa hub bumisehat.


Semoga bermanfaat ya bu ibu... yang sedang merencanakan kehamilan ataupun sedang mencari resensi untuk melahirkan. 


Terimakasih.....

4 komentar :

  1. Ohh gith toh lotus birth, hehe saya masih gadis mak belum nikah tapi nice info nih hihi

    Main ke blog aku mak kalau berkenan ^_^
    http://leeviahan.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mak, sudah mampir. aku tak gantian main2 ke blog nya mak yaaaa

      Hapus
  2. aku baru dengar tentang lotus birth mak... jadi penasaran :)

    BalasHapus
  3. aku baru dengar tentang lotus birth mak... jadi penasaran :)

    BalasHapus