Rabu, 31 Desember 2014

Mari memberikan ASI !! #edukASI

Setiap Ibu pasti ingin memberikan yg terbaik untuk buah hatinya. Dan tidak sedikit yg melakukan banyak cara untuk bisa melakukan itu. ASI ( Air Susu Ibu ) merupakan salah satu sumber makanan yg wajib di berikan untuk setiap anak. Pemberian ASIX di 6 bulan kelahiran juga hal yg seharusnya di berikan ke anak kita. Saya akan kembali mengingat moment 2th lalu. saat pertama kali melharikan anak saya Cimbul. 

Selama kehamilan dulu , saya ingat hampir tidak pernah mencari tahu soal ASI , menyusui dll. karena saya berfikir menyusui adalah hal alami yg otomatis bisa kita lakukan, hal yg gampang. Dan ternyata saat saya mengalami hal tersebut itu bukan hal yg mudah gaes.... ciyuussssss!!! butuh pengorbanan, dukungan dan pastinya kuat nahan sakit. 

saya ingat betul begitu syaqilla lahir 20 Desember 2012 , saya langsung meminta untuk IMD , krn yg saya tahu gara2 pernah talkshow sama bebrapa bidan pas siaran #seputarkita di 89.1 SuryaFM female Radio. IMD itu penting untuk bisa mengikat batin antara Ibu dan Anak , dan untuk merangsang agar ASI bisa keluar. IMD sukses, waktu itu ASI blm banyak, bahkan bisa di bilang belum keluar setetespun. sedih dong??? Nggak , soalnya waktu itu saya masih bel;um tau seberapa penting ASI , dan saya masih mikir kalau ASI itu pasti akan keluar secara alami. tapi saya juga tanya sma Bidan yg membantu saya saat itu apa yg harus saya konsumsi agar ASI. waktu itu saya di minta untuk minum minuman bersoda bermerk FAN*A yg rasa jeruk. plus kacang2an. yg akhirnya sama Ibu mertua saya di bikinin kacang rebus. 


Kacang tanah , bagus untuk memperlancar ASI 
Alhamdullilah ASI saya sedikit demi sedikit sudah keluar. Alhamdullilah , sedikit demi sedikit Syaqilla mau menyusu. tapi di sini tantangan di mulai. dan saya baru sadar kalau menyusui itu bukan hal yg mudah. Krn baru pertama kali menyusui akhirnya puting saya lecet, dan mau tau rasanya. Sakit dan perih banget. Saya sampai nangis , krn esakitan. Dan kata orang2 yg cukub bikin saya bertahan " Udah , gpp... nanti kalau di susuin terus akan sembuh dengan sendirinya kok

Akhirnya saya semangat lagi. Waktu itu cuti kerja dari kantor dapat jatah 3 bulan. ASI saya lumayan melimpah, krn waktu itu saya belum punya kulkas. saya hanya memerah ASI untuk di minum syaqilla pas saya siaran. 2 jam pagi, dan 2 jam siang. dan saya kejar setoran ASI. 

Banyak Ibu baru yg selalu khawatir , "kok ASI saya sedikit??" , " Anak saya nangis terus pasti karena lapar??? Gara2 ASI saya sedikit, udah ah kasih SUFOR aja , bla la bla.... " . untuk Ibu-Ibu baru saya cuma mau share pengalaman yak... jangan terlalu khawatir , Saat anak kita baru lahir usia lambung mereka hanya sebesar biji kemiri, dan dari beberapa sumber yg yang saya baca Produksi ASI ibu, menyesuaikan dengan usia bayi. kalau ada yg lansgung melimpah ya Alhamdullilah.... tpi buat ibu2 yg seperti saya memang harus ekstra sabar. 

Ini kira kira gambarannya biar ga galau atau risau. krn semakin galau pasti akan semakin menghambat ASI. Jadi Kalau ASINya masih sdikit ga usah Risau ya mom..... cukub bersyukur dan bersyukur dan terus di susukan InsyaAllah nanti pasti akan mlimpah ruah. 

ASI untuk anak baru lahir
Salah satu hal terpenting agar ASI kita melimpah adalah Ibu harus selalu Happy, dan pastinya dukungan dari suami. 

Dari sekian banyak hal yg sudah saya lewati selama 2th menyusui syaqilla adalah 
1. Syaqilla bisa di bilang jarang sekali sakit. dan berarti benar kalau ASI akan memberikan kekebalan tubuh kepada anak. Qilla hanya beberapa kali sakit , dan pas sakit obatnya cukub Kenen dan skin to skin. Dan alhamdullilah , ASI selalu menjadi obat yg paling ampuh. 

2. Hal kedua yg saya rasakan adalah syaqilla menjadi anak yg tubuh dengan cerdas dan pintar. saya ketika menyusui dia selalu sambil mengajak dia ngobrol dengan kontak mata, secara emosi diapun jadi lebih mudah di kontrol. 


Dan banyak hal lain, yg kedepan akan saya share satu persatu.

Yuk mariiii para Ibu muda inu baru , jangan terlalu khawatir dan berusahalan untuk memberikan yg terbaik yaitu ASI untuk anak kita. 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar